Khotmil Qur’an & Peringatan Nurulul Qur’an 1442 H

      Komentar Dinonaktifkan pada Khotmil Qur’an & Peringatan Nurulul Qur’an 1442 H

Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan (Q.S. Al-Qadr ayat 3) Pada hari kamis, 29 April 2021 yang bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan 1442H OSIS bersama ROHIS SMA Negeri 7 Semarang mengadakan pengajian dalam rangka memperingati turunnya Al-quran pertama kali di dunia melalui manusia yang paling sempurna di muka bumi ini, yaitu Nabi Muhammad SAW. atau biasa kita sebut dengan peristiwa nuzulul quran. Pada peristiwa nuzulul alquran, Allah SWT pertama kali menurunkan surat al-alaq ayat 1-5 kepada Nabi Muhammad SAW yang sekaligus penanda diangkatnya Muhammad menjadi nabi dan rasul. Setelah ayat ini turun, Allah SWT menurunkan alquran secara berangsur-angsur melalui Nabi Muhammad SAW selama 22 tahun 2 bulan 22 hari.

Tahun ini, Peringatan Nuzulul Quran SMA Negeri 7 Semarang mengangkat tema “Alquran sebagai Pencerah Peradaban Bangsa”. Kegiatan dilaksanakan dengan sistem semi daring, sebagian siswa (panitia) dan beberapa guru pembina serta guru agama islam hadir ke sekolah. Sedangkan siswa-siswi dan bapak ibu guru yang tidak diperkenankan hadir di sekolah tetap mengikuti melalui zoom meeting atau live streaming di channel youtube SMA NEGERI 7 SEMARANG. Kegiatan dimulai pukul 15.00 dengan pembukaan kemudian pembacaan surat ad-duha sampai dengan an-naas oleh siswa-siswi yang hadir di ruang multimedia SMA Negeri 7 Semarang dan dipimpin oleh Ustadz Ghozali.

Pada kegiatan kali ini, kami mengundang Ustadz Ghozali untuk mengisi mauidzoh hasanah. Dari apa yang beliau sampaikan kita belajar bahwasanya kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa membawa bangsa kita ini menuju kehidupan yang lebih baik kedepannya, salah satunya dengan taat kepada Allah SWT dan pada peraturan yang ada di Indonesia ini. Selain mencintai Allah SWT, mencintai rasul, dan mencintai alquran, kita juga diwajibkan untuk mencintai negeri ini. Hubbul wathon minal iman, mencintai tanah kelahiran kita merupakan sebagian dari iman. Untuk mencerahkan peradaban bangsa, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencintai bangsa kita terlebih dahulu. Dan untuk dapat mencintai kita harus mengerti dan percaya pada diri kita bahwa kita bisa membawa perubahan yang baik pada bangsa Indonesia.

Sebelum peringatan nuzulul quran ini, OSIS bersama ROHIS SMA Negeri 7 Semarang juga mengadakan serangkaian kegiatan yang dilakukan secara daring, mulai dari lomba tartil, program 44× khatam alquran, dan mengajak warga SMA Negeri 7 Semarang untuk berinfaq melalui pamflet yang disebar di berbagai macam sosmed siswa siswi SMA Negeri 7 Semarang. Infaq dimulai dari tanggal 13 April dan berakhir pada tanggal 26 April dan Alhamdulillah mencapai total sebesar 1.260.000 rupiah yang kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan melalui kegiatan bagi takjil pada tanggal 30 April 2021 yang bertempat di depan gerbang masuk SMA Negeri 7 Semarang.