Penyuluhan Kesehatan Indera Penglihatan dan Pendengaran

      Komentar Dinonaktifkan pada Penyuluhan Kesehatan Indera Penglihatan dan Pendengaran

Pada tanggal 2 Agustus 2022, di ruang multimedia SMAN 7 Semarang beberapa siswa mengikuti kegiatan Penyuluhan Kesehatan Indera pada Remaja yang bertemakan “Sehat Mata Sehat Telinga” oleh BKIM (Balai Kesehatan Indera Masyarakat) Provinsi Jawa Tengah.

Kepala SMAN 7 Semarang, Sugiyo S.Pd, M.Kom memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan penyuluhan ini. “Sebagai generasi milenial yang tidak terlepas dari gadget atau media elektronik, kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat untuk kalian.” tutur Kepala SMAN 7 Semarang.

Dilanjut dengan penyampaian materi oleh Ibu Muftiah Eviati, SKM, M.Kes sebagai tenaga fungsional Penyuluh di BKIM terkait kesehatan serta gangguan pada indera penglihatan dan indera pendengaran khususnya pada remaja.

Indera penglihatan dan pendengaran merupakan dua indera terpenting yang akan mempegaruhi kualitas hidup kita, contohnya masalah pendengaran jika kita memiliki masalah pendengaran hal tersebut akan mempengaruhi cara berkomunikasi dan bersosialisasi. Maka darit itu, BKIM mengadakan pendeteksian dini dengan cara tes hitung jari untuk indera penglihatan, dan tes bisik untuk indera pendengaran.

“Pada kalangan remaja seperti kalian upaya untuk mencegah gangguan penglihatan dengan 20-20-20 rules. Dengan melakukan istirahat setiap 20 menit sekali, dengan melihat objek sejauh 20 kaki selama 20 detik.” ucap Ibu Evi.

Materi yang disampaikan oleh BKIM pada penyuluhan ini sangat menarik dan bermanfaat. Siswa yang mengikuti sangat berantusias dan menerima banyak ilmu. Seperti pepatah mengatakan “Seseorang yang menyampaikan ilmu itu mulia, dan yang mendengarkan ilmu tersebut juga mulia. Namun seseorang yang mengamalkan ilmu tersebut itu lebih mulia.” 

Kontributor: Nayla Arindra/Nabila Almadina – Siswa Kelas 12 SMAN 7 Semarang